Profil dan Biodata Damhuri Muhammad – Sastrawan Indonesia

Loading...

Profil dan Biodata Damhuri Muhammad. Salah satu sastrawan Indonesia ini lahir di Taram, Payakumbuh, Sumatera Barat pada tanggal 1 Juli 1974. Damhuri muda menyelesaikan studinya jurusan Bahasa dan Sastra Arab di Fakultas Adab IAIN Imam Bonjol, Padang pada tahun 1997 dan Pasca Sarjana Filsafat di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta pada tahun 2001.

Damhuri Muhammad tinggal di Jakarta. Ia sering menulis karya berupa cerita pendek, esai sastra serta tinjauan buku di berbagai media cetak nasional seperti Kompas, Media Indonesia, Majalah TEMPO, Seputar Indonesia, dan masih banyak lagi media nasional lainnya.

biodata Damhuri Muhammad

Salah satu cerpen Damhuri Muhammad yang paling terkenal adalah cerpen berjudul “Juru Masak” yang menceritakan kisah perjuangan seorang pria yang mewujudkan mimpinya di perantauan, pergi dari desa karena cintanya yang tak mendapat restu orangtua.

Dalam cerpen tersebut kita bisa memetik nilai moral yang terkandung, yakni tidak memandang remeh seseorang siapapun dia. Memang karya-karya dari Damhuri sarat dengan pesan moral yang menjadi nilai plus tersendiri bagi para pembaca.

Di tahun 2011 ia dipilih menjadi anggota komite penjurian lomba penulisan buku pengayaan kurikulum. Pada tahun 2008 sampai 2013 ia menjadi ketua tim juri Khatulistiwa Literary Award (KLA), penghargaan sastra paling berpengaruh di Indonesia kala itu.

Selain cerpen “Juru Masak”, karya Damhuri Muhammad yang lain antara lain “Laras, Tubuhku Bukan Milikku” (2005), “Lidah Sembilu” (2006), dan “Cinta di Atas Perahu Cadik (2008). Cerpennya yang berjudul “Ratap Gadis Suayan, Bigau, dan Orang-orang Larenjang” terpilih sebagai buku cerpen pilihan Kompas, pada tahun pemilihan yang berbeda-beda.

Sedangkan, buku esai sastra terbarunya adalah “Darah-Daging Sastra Indonesia” (2010). Pada Maret 2014, ia terpilih sebagai salah satu steering board (Dewan Pengarah) Asean Literary Festival (Festival Sastra Asia Tenggara), yang dihadiri oleh perwakilan dari 15 negara.

Damhuri Muhammad bersama Riki Dhamparan Putra, E.S. Ito, Raudal Tanjung Banua, Indrian Koto, Dewi Sartika, dan beberapa sastrawan muda lainnya adalah generasi muda sastrawan Indonesia yang berasal dari Minangkabau setelah generasi Gus Sakai dkk yang tumbuh besar di luar Sumatera Barat.

BIODATA DAMHURI MUHAMMAD :

Nama : Damhuri Muhammad
Tanggal lahir : 1 Juli 1974
Tempat lahir : Payakumbuh, Sumatera Barat
Pendidikan : Universitas Gadjah Mada (2001), IAIN Imam Bonjol (1997)
Profesi : Penulis, Sastrawan
Zodiak : Cancer
Twitter : @damhurimuhammad

Anda baru saja membaca artikel tentang profil dan biodata Damhuri Muhammad, salah satu sastrawan muda Indonesia. Baca juga Daftar Pemain Film Mission Impossible 5.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *